Rahasia Strategi Pemasaran di Media Sosial II

Lakukan Audit Pada media sosial
Kalau Anda sudah menggunakan media sosial, Anda perlu mengambil beberapa langkah ke belakang untuk melihat apa saja yang sudah dilakukan dan bagaimana hasilnya. Anda dapat mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Siapa saja yang terhubung dengan Anda melalui media sosial?
- Bagaimana situasi media sosial Anda dibandingkan dengan kompetitor?
- Aktivitas apa saja yang efektif dan yang tidak efektif?
- Media sosial apa yang banyak digunakan oleh target audiens Anda?

Setelah informasi tersebut terkumpul, Anda punya titik awal yang baik untuk merencanakan cara meningkatkan hasil dari yang sebelumnya. Usahakan evaluasi yang Anda lakukan memberikan gambaran yang jelas tentang tujuan dari setiap akun sosial. Anda dapat menjawab beberapa pertanyaan dibawah ini sebagai indikator apakah media sosial yang Anda pakai masih layak dipertahankan:
- Apakah audiens Anda ada di media sosial tersebut?
- Jika ada, bagaimana mereka menggunakan platform tersebut?
- Dapatkah strategi pemasaran media sosial tersebut membantu Anda mencapai target yang ditentukan?

Diharapkan pertanyaan pertanyaan di atas akan membantu Anda menjaga strategi tetap efektif dan tidak keluar jalur.

Optimasi dan Tingkatkan Profil
Ketika Anda sudah memutuskan media sosial apa saja yang akan digunakan, pastikan Anda juga sudah menentukan strategi untuk setiap jaringan. Misalnya Anda menjadikan Snapchat dan Instagram untuk mengunggah video tutorial. Sementara Twitter ditujukan untuk layanan pelanggan. Setelah Anda memutuskan channel mana yang menjadi fokus, saatnya untuk membuat profil atau meningkatkan profil yang ada, sehingga sejalan dengan rencana strategis Anda. Pastikan Anda mengisi semua kolom di profil. Gunakan kata kunci yang akan digunakan orang untuk mencari bisnis Anda. Jangan sampai Anda membuat profil yang sebenarnya tidak efektif, misalnya tidak ada audiens di media tersebut. Lebih baik menggunakan sedikit media sosial daripada memaksakan diri dengan mencoba mempertahankan setiap media.

Temukan Inspirasi yang Sesuai
Memang penting untuk menjaga merek tetap unik, akan tetapi Anda masih dapat mencari inspirasi dari bisnis atau usaha lain yang juga hebat di media sosial. Anda dapat melakukan riset untuk menggali informasi yang berharga dan dapat diterapkan di strategi Anda sendiri. Anda dapat melihat pemenang The Facebook Award untuk contoh merek terbaik di media sosial. Untuk merk terbaik umumnya mempunyai suara, memiliki nada serta gaya konsisten. Konsisten adalah kunci untuk membantu followers Anda memahami apa yang diharapkan dari merek Anda. Audiens akan tahu kenapa mereka harus mengikuti Anda di media sosial dan apa manfaatnya untuk mereka.

Konsumen juga dapat menjadi inspirasi strategi pemasaran media sosial Anda. Anda dapat memperhatikan apa yang mereka bahas di media sosial Anda, apa yang dapat Anda sediakan dengan mengetahui apa keinginan dan kebutuhan mereka. Anda juga dapat menanyakan ke pelanggan, apa yang mereka inginkan dari layanan yang Anda sediakan. Dari situ, pastikan Anda memberikan apa yang mereka minta, meskipun tidak dalam waktu dekat.

Membuat Kalender Konten Media sosial
Mengunggah konten yang berkualitas tentu sangat penting. Hal tersebut sama pentingnya untuk memiliki rencana, kapan waktu yang tepat untuk membagikan konten, supaya mendapatkan dampak yang maksimal. Kalender konten media sosial juga perlu memperhitungkan waktu yang Anda perlukan untuk berinteraksi dengan audiens. Dalam kalender yang Anda buat, cantumkan juga tanggal dan waktu kapan Anda akan mempublikasikan konten.

Di kalender konten strategi pemasaran media sosial ini, Anda juga dapat menambahkan semua rencana aktivitas media sosial, seperti gambar, blog atau video seperti apa yang akan dibagikan. Anda juga dapat menyertakan postingan harian. Kalender ini memastikan postingan Anda ditempatkan dengan tepat dan diterbitkan pada waktu yang optimal. Pastikan kalender yang Anda buat sudah mencantumkan fungsi masing-masing media sosial. Sehingga semua yang Anda posting berjalan baik sesuai tujuannya.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya