Cara Meningkatkan Traffic Kunjungan Web Part 02

Sistem Kerja SEM
Sebagai mesin pencari yang menggunakan algoritma yang cukup rumit untuk dapat memastikan hasil yang begitu relevan akan tampil untuk di setiap halaman pencarian, maka termasuk lokasi dan beberapa informasi lain yang ada. Dalam iklan mesin pencarian berbayar, maka iklan yang disponsori akan langsung dapat muncul pada bagian atas atau di samping pada halaman hasil dari mesin pencari, untuk mendapat hasil yang lebih banyak visibilitas serta keunggulan daripada hasil traffic organik.

Misalnya saja Anda mencari produk ataupun layanan online pada mesin pencari, kemudian Anda mengetikkan istilah yang Anda cari. Pada halaman hasil mesin pencarian, Anda akan menemukan beberapa iklan perusahaan yang dengan kata kuncinya sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan dalam mesin pencarian Anda tadi. Iklan tersebut akan tampil di tempat yang pasti terlihat oleh Anda, bersamaan pula dengan daftar hasil pencarian lainnya yang juga cocok dengan kata kunci yang Anda cari. Daftar hasil pencarian dengan cara berbayar akan sangat relevan serta spesifik. Itulah mengapa yang dapat memungkinkan Anda, sebagai konsumen, untuk dapat mengkliknya.

Sementara dari hasil perspektif pemasar, saat menyiapkan kampanye terhadap Search Engine Marketing, marketers maka diminta untuk dapat:
- Memilih beberapa jenis kata kunci yang berhubungan dengan website ataupun produk yang ditawarkan
- Memilih lokasi geografis agar iklan dapat ditampilkan
- Membuat iklan yang berbasis teks untuk dapat ditampilkan dalam hasil mesin pencarian
- Menawarkan harga yang beraneka ragam untuk mereka bayarkan terhadap setiap klik pada suatu iklan

Iklan yang berbasis dengan teks memang lebih mudah dalam produksi. Anda hanya perlu memasukkan sebuah judul, teks untuk bagian badan iklan, ajakan untuk orang agar bertindak atau CTA, serta URL untuk hyperlink. Oleh sebab itu, SEM yang dianggap sebagai cara yang paling mudah dalam menggunakan anggaran pemasaran.

Perbedaan SEO dan SEM
Perbedaan utama antara SEO dengan SEM yaitu bahwa SEO adalah salah satu akronim dari Search Engine Marketing. Sedangkan untuk SEM sendiri dapat mencakup komponen dalam mesin pencarian berbayar seperti halnya Pay Per Click (PPC) serta juga seperti Social Media Marketing (SMM). SEO juga terkadang dipakai sebagai istilah yang umum dalam mencakup Search Engine Marketing, akan tetapi karena SEM merujuk dengan cara khusus pada iklan yang berbayar, maka SEO dan SEM akan terpisah. Search Engine Marketing yaitu bagaimana langkah dalam mendapatkan traffic melalui iklan berbayar. Sementara untuk SEO lebih terhadap dalam mendapatkan, untuk memantau, serta untuk menganalisis pola traffic organic yang gratis.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya